Tuesday, September 13, 2016

Manfaat Internet Bagi Pelajar

Saya yakin semua orang sudah tahu dan mengenal yang namanya internet. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan internet dengan bijak. Meskipun pada hakikatnya internet itu diciptakan untuk memberi manfaat bagi semua orang, tapi jika kita menggunakannya dengan tidak bijak, maka justru internet dapat berdampak negatif. Apalagi internet merambah ke berbagai kalangan dan tidak pandang usia.

Yang berbahaya adalah ketika anak-anak khususnya pelajar bisa mengakses situs mana saja yang ingin mereka kunjungi. Jika situs yang bermanfaat yang mereka akses mungkin lain ceritanya, tapi jika yang mereka akses adalah situs pornografi dan sebagainya, mau di bawa ke mana bangsa ini ?
Oleh karena itu, kita sebagai pelajar harus pandai dan bijak dalam menggunakan teknologi seperti internet agar kita bisa mendapatkan manfaat dari internet secara maksimal. Sebab, internet itu sebetulnya memberi manfaat yang besar khususnya bagi pelajar jika kita mampu menggunakannya secara bijak.  Dan pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang Manfaat Internet Bagi Pelajar. Berikut uraiannya :

1.  Sumber Ilmu Pengetahuan dan Wawasan

Saat diberi pekerjaan rumah oleh guru di sekolah terkadang kita mengalami kesulitan dalam mengalami jawabannya, dan disinilah peran internet dibutuhkan oleh kita sebagai pelajar. Dengan internet, kita bisa mencari segala informasi yang berkaitan dengan tugas ataupun materi pelajaran di sekolah. Kita pun bisa mempelajari materi yang belum di ajarkan oleh guru di sekolah, bahkan jauh dengan jenjang yang sekarang kita tempuh. Sebab, internet merupakan wadah untuk berbagi dan disitulah terdapat jutaan pengguna yang dapat membantu kita untuk mendapatkan berbagai informasi, khususnya yang berkaitan dengan pelajaran sekolah. Dengan internet, kita tinggal mengetik kata kunci yang ingin kita cari, maka akan muncul informasi yang kamu butuhkan.

2.  Sarana Berkomunikasi

Siapa bilang internet atau lebih tepatnya situs sosial media tidak memberi manfaat bagi kalangan pelajar ? Dengan adanya berbagai situs sosial media ternyata memberi manfaat bagi kalangan pelajar sebagai sarana berkomunikasi, baik dengan sesama teman ataupun dengan guru.
Dengan fasilitas chat yang disediakan oleh situs sosial media, para pelajar bisa saling memberi informasi seputar materi pelajaran di sekolah, seperti menanyakan jadwal pelajaran esok hari, menanyakan ada tidaknya pekerjaan rumah, dan sebagainya.

3.  Melatih Skill Pelajar dalam Dunia Komputer/Internet

Meskipun untuk jenjang sekolah tertentu terdapat materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang di dalamnya juga terdapat pembahasan tentang dunia komputer dan internet, tetap saja terkadang pelajar lebih mudah memahami dunia komputer dan internet dengan belajar secara otodidak.
Pelajar bisa mengakses internet dimana saja dan kapan saja, sehingga memudahkan pelajar untuk belajar seputar dunia komputer dan internet tanpa harus selalu menggantungkan diri terhadap pembelajaran di sekolah. Dan dengan seperti itu, setiap pelajar dapat lebih cepat untuk memahami pelajaran seputar dunia IT, khususnya dunia komputer dan internet.

Dalam uraian di atas terlihat bahwa banyak sekali manfaat dari internet bagi pelajar. Namun, untuk dapat merasakan manfaat tersebut secara maksimal, kita harus bisa menggunakan fasilitas yang ada di internet dengan bijak.
Itulah tadi pembahasan tentang Manfaat Internet Bagi Pelajar. Jangan bosan untuk mampir ke blog saya yang sederhana ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa !


4 comments:

  1. Dengan banyaknya manfaat dan kegunaan internet, banyak pula negatifnya. Bagaimana orang yang menggunakannya...

    ReplyDelete
  2. Betul sekali, semua tergantung pada diri kita sendiri. Mau mengambil sisi yang mana?

    ReplyDelete
  3. internet sangat bermanfaat bagi saya , mulai dari unutk berkomunikasi , mencari ilmu , mencari uang . Alhamdullilah di gunakan nya dengan baik , semoga terus terjadi dari hal hal yang buruk.

    ReplyDelete
  4. Memang sangat bermanfaat dari segi positifnya namun dari segi negatifnya juga terbilang sangat bnyak

    ReplyDelete