Monday, September 12, 2016

Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Setelah sebelumnya saya telah memberikan Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler, sekarang saya akan memberikan informasi tentang Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler. Kita sadari bahwa banyak peserta didik yang merasa enggan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karena beberapa alasan. Mungkin mereka tidak mengetahui bahwa banyak manfaat yang bisa diperoleh jika kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk itu dalam kesempatan ini saya akan memberi informasi tentang manfaat yang kita peroleh jika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Berikut uraiannya :

 

1.  Mengisi Waktu Luang


Sudah sangat jelas sekali bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat mengisi waktu luang kita di luar jam pelajaran sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan pengisi waktu luang terbaik bagi peserta didik jika dibandingkan dengan kegiatan lainnya yang dirasa hanya buang-buang waktu saja misalnya bermain. Namun, bukan berarti kegiatan ekstrakurikuler membatasi waktu mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas dari guru di sekolah. Sebab, pekerjaan rumah atau tugas sekolah harus lebih di utamakan oleh peserta didik.

 

2.  Mengasah Bakat dan Kemampuan


Seperti yang dijelaskan sebelumnya pada pembahasan tentang Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler bahwa sebelum memilih kegiatan ekstrakurikuler, kita harus mengetahui bakat yang kita miliki. Sebab, kegiatan ekstrakurikuler dapat mengasah dan kemampuan yang kita miliki. Misalnya, jika kita mempunyai bakat dalam menari, pilihlah kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan bakat yang kamu miliki tersebut yaitu kegiatan ekstrakurikuler '"Kesenian". Jika bakat yang kamu miliki itu terus di asah, maka tidak menutup kemungkinan untuk kamu bisa sukses di bidan yang memang menjadi bakatmu.

 

3.  Mempererat Tali Silaturahim


Selain manfaat yang telah di uraikan di atas, dengan mengikuti kegiatan eksrakurikuler kita juga bisa mendapat teman baru dan juga mempererat tali silaturahim, baik dengan teman maupun dengan guru kita. Bayangkan jika kita hanya mengisi waktu luang kita hanya dengan bermain gadget atau bahkan bermain game online otomatis kita hanya berdiam diri dirumah.

Dengan kita hanya berdiam diri di rumah dan apakah kita mendapat teman ? Mungkin kita bisa mendapat teman, tapi tetap saja teman di dunia maya berbeda dengan teman di dunia nyata. Sebab, teman di dunia maya adalah teman yang tidak nyata dan kita tidak bisa bergaul dengan leluasa. Sedangkan, teman di dunia nyata bisa kita ajak bergaul dengan leluasa. Teman dunia maya atau teman dunia maya itu semua diserahkan kepada diri kalian masing-masing.

 

4.  Menambah Nilai Rapor


Sebagian besar sekolah di Indonesia memasukkan kegiatan ekstrakurikuler menjadi salah satu kriteria nilai rapor peserta didik. Jika kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, otomatis kita juga mendapat tambahan nilain rapor. Dengan demikian, kita mendapat manfaat berlipat-lipat jika kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Itulah beberapa manfaat yang kita peroleh jika kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Oleh karena itu, tidak alasan untuk kita tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk mampir lagi ke blog ini. Sampai jumpa !

2 comments:

  1. Mohon maaf,di No. 4 "mendapat manfaat berlipat-lipat jika kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler" itu seperti apa, tolong jelaskan dan beri contohnya.
    *Fast Respon Please..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungannya !
    Makna dari "berlipat-lipat" artinya bahwa kita tidak hanya mendapatkan satu manfaat saja, melainkan beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
    Seperti pada uraian di atas, selain bisa mengisi waktu luang, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kita juga bisa mendapatkan fungsi lain, seperti : mengasah bakat & kemampuan, mempererat tali silaturahim dan menambah nilai rapor.
    Dan saya rasa tidak perlu diberi contoh karena penjelasannya sudah cukup jelas.

    ReplyDelete