Saturday, September 10, 2016

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ekskul adalah kegiatan yang dilakukan peserta didik sekolah maupun universitas yang umumnya dilakukan diluar jam pelajaran sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengisi waktu luang peserta didik diluar kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter dan juga menjadi proses pengembangan diri ataupun bakat pada diri setiap peserta didik.
Kegiatan ini dirasa wajib bagi peserta didik karena begitu banyak manfaat yang bisa didapat. Untuk kegiatannya sendiri banyak pilihan, seperti : Pramuka, Paskibra, PMR, Marching Band, Remaja Masjid, dan masih banyak lagi. Karena saking banyaknya pilihan, membuat banyak peserta didik yang kebingungan untuk memilih kegiatan ekskul yang mana yang sesuai dengan dengan dirinya. Sehingga banyak peserta didik yang salah pilih ataupun bahkan berhenti ditengah jalan.

Oleh karena itu, sekarang saya akan memberikan beberapa Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler agar kamu tidak sampai salah memilih. Berikut uraiannya :

1.  Sesuaikan dengan Minat

Yang pertama dan yang paling utama adalah menyesuaikan dengan minat kamu. Artinya pilihlah kegiatan ekskul yang kamu suka. Untuk apa ikut kegiatan ekskul jika kamu sendiri tidak menyukai kegiatan tersebut. Sekali lagi, pilihlah ekskul yang sesuai dengan minat kalian.
Jangan pernah sekali-kali untuk memilih kegiatan ekskul karena ikut-ikutan orang lain. Ingatlah, bahwa dirimu adalah dirimu, bukan orang lain. Setiap orang itu mempunyai sisi yang berbeda-beda dan tidak bisa dipaksakan untuk sama. Mulailah untuk mengikuti kata hati sendiri.

2.  Apa Bakatmu ?

Dan yang kedua namun tidak bisa diduakan adalah mengenali bakatmu sendiri. Jika kamu sudah mampu untuk mengetahui bakatmu sendiri, maka pilihlah kegiatan ekskul yang sesuai dengan bakatmu. Percayalah, setiap orang mampunyai bakat dan kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu, mulailah untuk mengenali bakatmu sendiri. Sebab, tidak semua orang mampu untuk mengenali dirinya sendiri.
Salah satu tujuan adanya kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengasah bakat dan kemampuan bakat peserta didik. Jika kamu bisa memilih kegiatan ekskul yang sesuai dengan bakatmu, otomatis bakatmu juga akan terus terasah.

3.  Mulailah melakukan Survei !

Ini adalah salah satu tindakan yang dianjurkan sebelum memilih kegiatan ekskul. Lakukanlah survei kepada teman-temanmu, kakak kelasmu, atau bahkan orang tuamu tentang kegiatan ekskul yang ada disekolahmu. Ingat, melakukan survei bukan berarti nantinya kamu ikut-ikutan dengan orang lain. Saat melakukan survei, tanyakan juga alasan kenapa mereka memilih kegiatan ekskul tersebut. Terkadang, kita juga membutuhkan pendapat orang lain untuk menentukan jalan apa yang akan kita ambil. Sebab, dengan semakin banyaknya pendapat orang lain yang kamu serap, kamu juga bisa lebih gampang dalam memilih kegiatan eksul kamu nantinya.

4.  Hilangkan Keragu-raguan !

Berani bertindak dan berpikir cepat dengan menghilangkan keragu-raguan dalam diri kita. Jika memang tiga aspek yang sudah dijelaskan tadi telah terpenuhi, mulailah untuk berani mengambil keputusan. Putuskan ekskul apa yang kamu pilih dan usahakan keputusan itu diambil dengan sudah mempertimbangkan segala sesuatunya dan sudah dipikirkan secara matang-matang. Dan jangan sampai kamu menyesal dengan keputusan yang sudah kamu ambil sendiri.

5.  Berdoa dan minta restu Orang Tua

Setelah keputusan sudah diambil, jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar keputusan yang kita ambil tidak salah dan tentunya baik untuk diri kita. Selain itu, mintalah restu kepada kedua orang tua tentang keputusan yang sudah kita ambil. Ingat, doa orang tua itu mudah dikabulkan. Saya yakin semua orang tua menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, mintalah restu orang tua kita agar kita selalu dalam perlindungan Tuhan dan bisa menjalani kegiatan ekskul tersebut dengan baik. Dan kita semoga bisa sukses dan bisa membanggakan kedua orang kita, aamiin.

Itulah beberapa Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler yang bisa saya berikan buat kamu, khususnya bagi para pelajar yang masih kebingungan untuk memilih kegiatan ekskul. Semoga bisa bermanfaat dan maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Saya harap kamu jangan pernah bosan untuk mampir ke blog saya ini. Sampai ketemu lagi !

No comments:

Post a Comment